logo

BIMTEK PENGUKURAN DAN PEMETAAN TANAH ANGKATAN II

Cilacap – Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Cilacap kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengukuran dan Pemetaan Bidang Tanah Kabupaten Cilacap Tahun 2018. Angkatan II dilaksanakan tanggal 02 s/d 03 Mei 2018 di Hotel Grand Liana Jl. dr. Rajiman Kelurahan Kebonmanis Kecamatan Cilacap.

Maksud dan tujuan Bimbingan Teknis Pengukuran dan Pemetaan Bidang Tanah Kabupaten Cilacap Tahun 2018 ini adalah yang pertama untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan peserta tentang cara pengukuran dan pemetaan bidang tanah secara sederhana, yang kedua  memberikan pembekalan dan pemahaman yang sama kepada peserta tentang pola pola pengukuran dan pemetaan bidang tanah.

Peserta Bimbingan Teknis Pengukuran dan Pemetaan Bidang Tanah Kabupaten Cilacap Tahun 2018 Angkatan II adalah para Sekretaris Desa. Jumlah peserta Bimtek sebanyak 40 orang.

Pengajar Bimtek ini berasal dari Kantor Pertanahan Kabupaten Cilacap dan dari DISPERKIMTA Kabupaten Cilacap sendiri.

“Bimtek pengukuran dan pemetaan tanah ini sangat bermanfaat bagi kami, karena kami selaku Sekdes yang rata-rata masih baru, sehingga bisa lebih menguasai tata cara pengukuran dan pemetaan tanah”, ujar salah satu peserta bimtek dengan semangat.

Materi yang disampaikan antara lain cara mengukur tanah, cara menggambar dan menghitung luas bidang tanah, cara membuat peta situasi bidang tanah, Kebijakan Pemerintah di Bidang Pertanahan dan Praktek Pengukuran. Diharapkan melalui bimtek ini seluruh peserta dapat memahami dan bisa mempraktekannya nanti di lapangan dengan baik. (agung/disperkimta)