logo

DISPERKIMTA Cilacap Dinilai Tim Lomba Lembaga Kearsipan Daerah

CILACAP – Dua organisasi perangkat daerah di jajaran Pemerintahan Kabupaten Cilacap, yakni Dinas Perhubungan (DISHUB) dan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DISPERKIMTA) dinilai oleh Tim Lomba Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Tengah, Selasa (30/4/2019).

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap, Supriyanto mengatakan, dua OPD tersebut merupakan instansi binaan yang dipersiapkan untuk mengikuti lomba. Sebab dalam tinjauan ini, Tim Penilai akan menguji kecakapan pengelolaan arsip dalam penyimpapanan, dan menemukan arsip yang diperlukan dalam tempo singkat.

Tahapan penilaian diawali pingisian kuesioner. Selanjutnya dari kuesioner tersebut dipilih 10 besar peserta yang akan mengikuti tahapsn berikut. OPD yang terpilih akan menyampaikan paparan dan ditindaklanjuti dengan kunjungan lapangan/verifikasi ke 10 lokasi untuk mencocokkan data kuisioner dan paparan kepala dinas.

Adapun kriteria penilaian menggunakan standar yang telah ditetapkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia. Beberapa aspek yang dinilai misalnya regulasi kearsipan di daerah, perda, perbub dan pedoman pelaksanaan. Juga ketaatan dalam implementasi regulasi kearsipan, pengelolaan depo arsip daerah, arsiparis dan teknik pengarsipan baik penataan, penyimpanan dan penyusutan arsip.

Sebagai informasi, pada tahun 2017 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap berhasil meraih juara II terbaik nasional tingkat wilayah II, yang diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Supriyanto berharap tahun ini pihaknya kembali meraih juara dan meningkatkan prestasi lebih baik lagi.(dn/kominfo)

Sumber : http://cilacapkab.go.id/v2/index.php