logo

FGD Penanganan Rumah Tidak Layak Huni Kabupaten Cilacap

CILACAP –  FGD Penanganan RTLH dalam  Rangka Mendukung Program Pengentasan Kemiskinan Berbasis Swadaya Masyarakat di Jawa Tengah diselenggarakan oleh Bappeda Provinsi  Jawa Tengah yang diselenggarakan  di Ruang Aula Disperkimta Cilacap, Kamis (3/10/2019). Kegiatan tersebut dimoderatori oleh Wiwin Widiastuti dan Sarengat dari Disperkimta Cilacap.

Forum tersebut dihadiri ± 20 orang terdiri antara lain dari perwakilan Bappelitbangda, Dinsos, Dispermades, Kepala Desa Tritih Wetan, Fasilitator Program BSPS.

Data RTLH PBDT 2015 Kabupaten Cilacap sebanyak 101.938 unit yang tersebar di 24 Kecamatan, 269 desa dan 15 Kelurahan.

Dalam pemaparannya  tentang kebijakan dan program Rumah Swadaya oleh Wiwin Widiastuti mengatakan  ”Fasilitator untuk  bisa mengatasi permasalahan di lapangan, karena  bantuan  program, disetiap bantuan memiliki obyek rumah dan  karakteristik warga desa yang bermacam-macam”.

Dalam acara FGD, Fokus diskusi diantaranya tentang Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), BSPS merupakan bantuan pemerintah berupa stimulan bagi masyarakat berpengasilan Rendah (MBR) untuk meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan atau peningkatan kualitas rumah beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum (PSU), selain itu, BSPS merupakan stimulan bagi masyarakat untuk bisa bergotong-royong dalam meningkatkan kualitas RTLH.

Pemerintah provinsi sangat mengapresiasi kegiatan rehab rumah tidak layak huni yang telah dilakukan oleh masing masing  Kabupaten di Jawa Tengah, dan berharap setiap tahun dapat meningkat kualitasnya. (Ag)