logo

PEMBINAAN PETUGAS K3 (JURU TAMAN)

6 views

DISPERKIMTA – Kepala Disperkimta Ir.Sujito, M.Si pada hari Senin (15/6/2020) memberikan bimbingan dan pembinaan secara langsung kepada seluruh petugas juru taman/petugas lapangan yang berjumlah 22 orang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan SDM Petugas lapangan yang mengurusi penataan taman dan penanaman tanaman yang kreatif, inovatif, memiliki disiplin dan rasa tanggung jawab tinggi terhadap tugas-tugasnya. Jelas Sujito.


Hal hal yang sudah dilakukan Disperkimta antara lain penanaman tanaman dan pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH).
Syarat kebutuhan suatu RTH di suatu Perkotaan idealnya 30 %. Sementara ini Kabupaten Cilacap baru mencapai 18 %. Sehingga yang 18% ini menjadi kegiatan Disperkimta untuk menjaga dan mempertahankan lokasi taman dan RTH yang sudah ada salah satu upaya untuk itu diantaranya dengan pemeliharaan RTH. Untuk itu Disperkimta sebagai leader RTH di Kabupaten Cilacap mempunyai tugas mengelola. Untuk itu dilakukan pembinaan terhadap petugas K3 (Juru Taman) sebagai bekal arahan dalam mereka bekerja.

Dalam kesempatan tersebut dihadiri Kepala Bidang Kawasan Permukiman, Kasie Ruang Terbuka Hijau. Pembinaan tersebut bertujuan untuk membekali seluruh petugas taman dengan ilmu pembuataan taman, cara menjaga dan merawat tanaman, penataan tanaman hias serta pemupukan agar tanaman yang ditanam tetap terjaga keindahannya.

Pengarahan antara lain cara-cara merawat tanaman, pemupukan, kebersihan lingkungan. Diharapkan setelah dilakukan pembinaan ini pengelolaan RTH menjalani lebih baik lagi. Sehingga dapat mewujudkan kota Cilacap menjadi kota Bercahaya ( Bersih, Elok, Rapi, Ceria dan Hijau ).

Peranan petugas taman sangat dominan untuk mengurusi tanaman dan pemeliharaan taman karena kota Cilacap merupakan kota industri dengan kondisi polusi udara yang tinggi, sehingga keberadaan pohon dan tanaman penghijauan sangat penting untuk menetralisir polusi udara. Diharapkan kemampuan dan ketrampilan para petugas agar kreatif menciptakan inovasi baru dan memiliki pemikiran maju merubah Kabupaten Cilacap semakin indah dengan hiasan taman dan bunga – bunga.


Comments are closed.

RSS
Follow by Email