logo

PEMBAHASAN PENGADAAN TANAH JJLS DI DESA SIDAURIP DAN DESA CISUMUR GANDRUNGMANGU

1 views

DISPERKIMTA – Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Cilacap memimpin Rapat membahas Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan JJLS Di Desa Sidaurip dan Desa Cisumur Kecamatan Gandrungmangu pada Selasa 23 Juni 2020, bertempat di ruang rapat Disperkimta Kabupaten Cilacap.

Hadir dalam acara tersebut Dinas PUPR Kabupaten Cilacap, Kantor Pertanahan Kabupaten Cilacap, dan Bagian Hukum Setda Kabupaten Cilacap. Hal yang dibahas dalam rapat tersebut adalah dasar untuk memulai pelaksanaan pengadaan tanah  dan tahapan pengadaan tanah yang harus dilaksanakan.

Pemerintah Kabupaten Cilacap pada APBD Tahun 2016 telah mengalokasikan anggaran kegiatan Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Jaringan Jalan Lintas Selatan (JJLS).

Kegiatan Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan JJLS telah mendapat persetujuan Bupati Cilacap dengan Keputusan Bupati Cilacap Nomor : 590/240/06/Tahun 2015 tanggal 24 Maret 2015 tentang Perubahan Penetapan Lokasi Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan JJLS Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Cilacap.

Bahwa pada tanggal 25 Oktober 2016 di Desa Cisumur dan tanggal 26 Oktober 2016 bertempat di Desa Sidaurip telah dilaksanakan musyawarah menetapkan bentuk dan besaran ganti kerugian Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan JJLS berdasarkan hasil penilaian dari Kantor Jasa Penilai Publik Immanuel, Johny dan Rekan.

Selanjutnya tanggal 15 Desember 2016 di Desa Cisumur dan tanggal 16 Desember 2016 di   Desa Sidaurip telah dilaksanakan pembayaran ganti kerugian, bahwa dalam proses pembayaran tersebut untuk Desa Cisumur terdapat 1 (satu) bidang tanah atas nama Listyoningsih dan untuk Desa Sidaurip terdapat 1 (satu) bidang tanah atas nama Muhamad Ramdhani Syaputra tidak dapat dilaksanakan pembayaran ganti kerugian sesuai hasil musyawarah.

Bidang tanah atas nama Listyoningsih tidak dapat dibayar ganti kerugiannya dikarenakan tanah tersebut masih dalam sengketa berdasarkan surat dari kuasa hukum Sastro Prayitno Advokat dan Konsultan Hukum “Sugeng Anjili, SH, MH & Rekan” tanggal 28 Oktober 2016 dan surat Kepala Desa Cisumur Nomor : 593/84/XI/2016 tanggal 21 Nopember 2016

Bidang tanah atas nama Muhamad Ramdhani Syaputra tidak dapat dibayar ganti kerugiannya dikarenakan tanah tersebut masih dalam sengketa berdasarkan surat dari Sumini tanggal  9 Nopember 2016.

Ganti kerugiannya pada waktu itu tidak dititipkan di pengadilan dikarenakan keterbatasan anggaran yang tersedia untuk pembayaran ganti kerugian dan menunggu adanya upaya damai dari pihak yang bersengketa dengan harapan pada tenggang waktu setelah musyawarah sampai waktu akan pembayaran sengketa tersebut sudah mencapai mufakat/selesai

Saat ini pada lokasi 2 (dua) bidang tanah yang belum dibayar tersebut sedang dilaksanakan pembangunan fisik pengurugan jalan oleh PJN sehingga akan mengganggu proses pembangunan fisiknya

Penetapan lokasi pengadaan tanah JJLS tersebut telah berakhir jangka waktunya tanggal  24 Maret 2017 telah berakhir jangka waktunya tanggal 24 Maret 2017.


Comments are closed.

RSS
Follow by Email